Sabtu, 4 April 2020
11 Sha‘ban 1441 H
Home / Haji umrah / Asrama Haji Kabupaten Indramayu dalam Proses Pembangunan
FOTO I Dok. Aa.tr.com
Kabupaten Indramayu terpilih sebagai lokasi dibangunnya asrama haji karena dekat dengan Bandara Kertajati.

Sharianews.com, Jakarta ~ Tahun ini, Bandara Kertajati di Majalengka telah ditetapkan sebagai embarkasi pada penyelenggaraan ibadah haji. Karenanya, pembangunan asrama haji mutlak diperlukan di wilayah sekitar.

Dirjen PHU, Nizar menerangkan, bahwa Kabupaten Indramayu terpilih sebagai lokasi dibangunnya asrama haji.

Terpilihnya Kabupaten Indramayu sebagai asrama haji berawal ketika Bupati Majalengka menawarkan tanah untuk dibangun asrama haji di kabupatennya. Namun, Ditjen PHU harus membeli tanah tersebut terlebih dahulu. Karena tidak tersedianya anggaran untuk pengadaan tanah, maka hal tersebut urung dilakukan.

“Kemudian yang merespon cepat adalah Kabupaten Indramayu. Seluruh jajaran, mulai Bupati, Ketua DPRD, Kepala Dinas beserta jajarannya langsung melakukan audiensi dengan kami berharap asrama haji dapat dibangun di Indramayu,” ujar Nizar, di Jakarta, Rabu (29/1).

Dalam sumber resmi Kementeran Agama, dijelaskan bahwa pembangunan asrama haji memang mempersyaratkan ketersediaan lahan yang diatasnamakan Kementerian Agama. Hal inilah yang disanggupi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dengan melakukan hibah tanah seluas kurang lebih 11 hektar kepada Kementerian Agama. Sehingga, asrama haji diputuskan dapat dibangun di Kabupaten Indramayu.

Saat ini asrama haji Indramayu masih dalam proses pembangunan. Karenanya, untuk tahun 2020, jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat seluruhnya masih akan diberangkatkan dari asrama haji Bekasi, untuk selanjutnya diterbangkan melalui Bandara Kertajati, Majalengka. Hal tersebut tidak menjadi kendala karena waktu yang ditempuh dari asrama haji Bekasi ke Bandara Kertajati relatif singkat. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo