Rabu, 3 Juni 2020
12 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Atasi Bank Keliling, Pemkot Tangerang Bersama BPRS Gulirkan Pembiayaan Emas
FOTO I Dok. Pexels.com
Pembiayaan Emas sendiri merupakan pembiayaan qard atau pembiayaan tanpa bagi hasil.

Sharianews.com, Tangerang ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) megatasi permasalahan bank keliling atau rentenir dengan cara meluncurkan pembiayaan Ekonomi Masyarakat Sejahtera atau disebut Emas.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pembiayaan Emas ini belum lama diluncurkan. Hal itu dilatarbelakangi dengan banyaknya rentenir yang menjerat masyarakat.

Arief juga menyampaikan bahwa pembiayaan Emas sendiri merupakan pembiayaan qard atau pembiayaan tanpa bagi hasil.

“Alhamdulillah, pembiayaan Emas ini dibantu juga oleh teman-teman dari BPRS. Pembiayaan ini tidak dikenai bunga atau tidak ada bagi hasil, hanya dikenai biaya administrasi tiga persen. Alhamudlillah itu sangat membantu,” tutur dia, di Menara HIK, Tangerang, Kamis (12/3).

Para penerima pembiayaan Emas ini diharapkan bisa mengembangkan usaha mikronya, sehingga bisa menaikan level dari mikro menjadi usaha kecil, menengah, bahkan besar.

BPRS diminta bisa membantu mengembangkan perekonomian para pengusaha tersebut agar bisa lebih mapan. “Dari pembiayaan Emas ini, kami juga sering sharing dengan teman-teman yang ada di BPRS HIK (Harta Insan Karimah),” sambung Arief.

Arief menambahkan, mengubah budaya perekonomian masyarakat bukanlah sesuatu hal yang mudah. Persoalannya, masyarakat ingin perubahan terjadi secara instan. Misalnya dalam mengajukan pembiayaan yang menurutnya sulit dan tidak mau direpotkan dengan administrasi.

“Padahal, sama dengan menjalankan usaha. Namanya usaha itu, kita jualan pisang goreng saja, kudu siapin pisangnya, tepungnya, dan sebagainya. Inilah perlu diedukasi,” pungkas Arief. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo