Minggu, 27 September 2020
10 Ṣafar 1442 H
Home / Keuangan / Bank Muamalat Berikan Keringanan Pembiayaan Kepada Korban Gempa
Keringanan yang diberikan Bank Muamalat kepada nasabahnya, berupa penghentian pembayaran cicilan selama beberapa bulan.

Sharianews.com, Jakarta. Guna membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Bank Muamalat akan memberikan keringanan pembiayaan kepada nasabah yang menjadi korban. Keputusan ini sesuai dengan  Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 45 tahun 2017 tentang Perlakuan Khusus Terhadap Kredit atau Pembiayaan Bank Bagi Daerah Tertentu di Indonesia yang Terkena Bencana Alam.

Executive Vice President Head of Distribution and Network Management Bank Muamalat, Ari Purnomo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan analisa pembiayaan. Hal serupa juga  dilakukan oleh Bank Muamalat pada bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Keringanan yang diberikan Bank Muamalat kepada nasabahnya, berupa penghentian pembayaran cicilan selama beberapa bulan. “Kebetulan, portofolio pembiayaan di Palu juga tidak terlalu banyak.”. Ari menambahkan.

Ari juga menyebutkan, jumlah nasabah Bank Muamalat di Palu sekitar 20 ribu. Sementara untuk outstanding pembiayaan sekitar Rp 50 Miliar. Saat ini masih dalam tahap identifikasi.

Selama masa pemulihan pasca bencana, Bank Muamalat melakukan fokus penanganan dalam beberapa hal. Keselamatan karyawan dan keluarganya merupakan prioritas utama. Ari menambahkan “Seluruh staf karyawan Bank Muamalat beserta keluarganya dalam kondisi selamat, begitu proses identifikasi dan perhitungan portofolio nasabah selesai, barulah keringanan sesuai arahan OJK bisa diberikan.”. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo