Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Ziswaf / Baznas: Sedikit Sekali OPZ yang Menyerahkan Kewajiban Laporan Pengelolaan ke Baznas
Foto dok. Pexels
Tentang pelaporan ini agak minim sekali, sedikit sekali yang laporan. Saya tidak tahu entah kenapa.

Sharianews.com, Jakarta - Organisasi Pengelolas Zakat (OPZ) dalam setahun berkewajiban membuat laporan dua kali dan menyerahkannya ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Laporan pengelolaan dana ini sesuai amanah Undang-undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Namun, Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan mengatakan sedikit sekali OPZ yang menyerahkan laporan itu. Tercatat di tahun 2019 ada 360 OPZ yang menyerahkan laporan ke Baznas.

“Tentang pelaporan ini agak minim sekali, sedikit sekali yang laporan. Saya tidak tahu entah kenapa. Bahkan disebutkan pelaporan setahun dua kali memberatkan. Saya gak tahu memberatkannya di sisi mana dalam setahun dua kali dan itu juga sudah dibahas di Mahkamah Konstitusi tentang pelaporan ini,” ujarnya, dalam diskusi virtual bertema Mengawal Regulasi Zakat Nasional:Evaluasi 10 Tahun UU No.23/2011, Kamis (25/02).

Rizal mengungkapkan ada OPZ yang enggan memberikan laporan karena takut datanya diambil alih. Ia mengaku sudah mengecek bahwa Baznas tidak akan mengambil dana itu, terlebih karena tingkat keamanan berlapis. Jika sampai ada pembocoran data, bisa dikenakan hukuman.

“Jadi, tidak ada kepentingan dan negara melihatnya adalah kepentingan potensi (zakat) terkonsolidasi secara baik dan tidak merugikan masyaratkat,” imbuh Rizal.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Baznas berkoordinasi dengan seluruh OPZ di Indonesia untuk mengoptimalisais pelaporan zakat nasional melalu aplikasi Sistem Manajemen Informasi Baznas atau SIMBA.

Lalu, sesuai Perbaznas nomor 4 tahun 2018, jenis laporan yang diwajibkan bagi setiap OPZ adalah laporan keuangan audited, laporan kinerja, dan laporan pelaksanaan pengelolaan zakat

“Baznas mendorong OPZ untuk mengumpulkan laporan pengelolaan kepada Baznas,” pungkas Rizal.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: