Selasa, 2 Juni 2020
11 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Cara Yusril Ihza Mahendra Selesaikan Pembiayaan Bermasalah Bank Muamalat
Dengan masuknya Yusril ke tim hukum, ia akan berupaya mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Pengacara senior, Yusril Ihza Mahendra resmi ditunjuk sebagai tim hukum PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Yusril diminta menangani sejumlah persoalan yang melibatkan bank syariah pertama di Indonesia tersebut, salah satunya mengenai pembiayaan bermasalah.

Yusril mengatakan, sejak berdiri sekitar 28 tahun lalu, Bank Muamalat memiliki pengalaman dalam menangani beragam pembiayaan bermasalah dengan nasabah-nasabahnya.

“Ada nasabah yang memang sebenarnya mampu untuk menyelesaikan persoalannya, tapi sengaja melambat-lambatkan,” jelasnya menegaskan, di Muamalat Tower, Jakarta, Rabu (5/1).

Dengan masuknya Yusril ke tim hukum, ia akan berupaya mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah. Di antaranya dengan cara imbauan, somasi, perundingan atau bila perlu dengan jalur hukum. “Kami betul-betul ingin Bank (Muamalat) ini sehat dan secara legal juga kuat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yusril akan mengkaji dengan saksama terkait masalah ini. Cara apa yang paling tepat untuk menyelesaikannya.

Masalah ini diharapkan bisa selesai dengan proses perundingan. Yusril mengimbau agar nasabah Bank Muamalat segera menyelesaikan masalahnya, terutamanya bagi nasabah Muslim.

“Karena di samping bisnis, ada persoalan moril. Jadi masalah-masalah itu harus diselesaikan. Saya dengan itikat baik mengajak (nasabah) menyelesaikan persoalan dengan mengedepankan perundingan,” tutur Yusril.

Dia berharap agar masalah akan selesai dengan baik, tidak ada yang dirugikan, baik Bank Muamalat maupun nasabah. Bank Muamalat juga akan menjadi lebih kuat.

Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad Kusna Permana mengatakan, Yusril akan menangani segala aspek hukum Bank Muamalat.

“Saya percaya keberadaan Pak Yusril sangat membantu. Dengan pengalaman dan jaringan beliau akan sangat membantu Bank Muamalat,” ujar Permana. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo