Selasa, 27 Oktober 2020
11 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Ekbis / Dibanding Pembiayaan, Pendampingan Lebih Dibutuhkan Pengusaha Ultra Mikro
Foto dok. Pexels
Memberikan modal sosial dan modal intelektual

Sharianews.com, Jakarta - Lembaga yang menyalurkan pembiayaan usaha ultra mikro (UMi) dan mikro, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melihat , dibanding proses pembiyaan, hal yang peling penitng justru adalah proses pendampingan bagi pelaku usaha UMi.

EVP Pengembangan dan Legal PNM Rahfie Syaefulshaaf mengatakan, hal itulah yang mendasari aktivitas PNM. Selain memberikan modal finansial, PNM juga memberikan modal sosial dan modal intelektual. Dua hal itu dinilai bisa membawa pelaku usaha menjadi pengusaha.

“Lebih penting dari pada itu adalah bagaimana bisa melakukan pendampingan untuk menigkatkan softskill dan hardskill nasabah,” ucap Rahfie, dalam webinar, Rabu (23/09).

Begitu juga dengam modal sosial. Ia melihat modal sosial inilah yang mesti lebih dimunculkan. Dengan modal sosial, pelaku UMi bisa membangun jejaring sosial.

Untuk itu PNM melakukan pembinaan secara terus menerus membantu UMi ataupun usaha mikro berkembang. PNM ke depan juga akan membuat kampung UMi.

Sebagai informasi, PNM menyediakan dua skema pembiayaan, konvensional dan syariah. “Sehingga kami dari 2.600 unit kerja yang ada, kami selalu membuka dua skema,” pungkas Rahfie.

Rep. Aldiansyah Nurrahman