Sabtu, 6 Juni 2020
15 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Gandeng Bank Muamalat, HIK Cibitung Peroleh Line Facility Rp 50 Miliar
Pembiayaan tersebut akan difokuskan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sharianews.com, Jabar ~ Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah (HIK) Cibitung menandatangani nota kesepahaman akad pembiayaan dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. (Bank Muamalat) Kantor Cabang Fatmawati untuk line facility dengan akad mudarabah, di Jakarta, Kamis (5/9).

Direktur Utama BPRS HIK Cibitung, Heriyakto Setyo Hartomo mengatakan, plafon yang diberikan sebesar Rp50miliar. Pembiayaan tersebut akan difokuskan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

“Sepeti diketahui mikro kami sekarang outstanding-nya sudah cukup signifikan di angka sekitar Rp65miliar. Sehingga kami merasa perlu ada back up pembiayaan dari bank umum syariah yang memberikan linkage. Lalu, tenor yang diberikan adalah lima tahun atau 60 bulan,” papar Hartomo.

HIK Cibitung mengapresiasi Bank Muamalat yang telah memberikan kepercayaan atas pembiayaan tersebut. Kerja sama antara HIK Cibitung dengan Bank Muamalat sudah terjalin sejak awal mengakuisisi BPRS Arta Saleh pada 2011.

“2010 itu ketika kami masih berdarah-darah, ketika kami baru megakuisisi dalam status kondisi keuangan merugi itu, Alhamdulillah Bank Muamalat adalah sebagai bank pertama yang memberikan kepercayaan kepada HIK Cibitung,” tutur Hartomo.

Dalam setahun HIK Cibitung mampu membuat bank yang diakuisisi masih bernama Arta Saleh langsung memperoleh laba di 2011.

Hingga sekarang HIK Cibitung tidak pernah putus menjadi debitur Bank Muamalat. Kepercayaan tersebut ditunjukan dengan platform yang semakin besar.

“Saat ini sebetulnya kita masih punya outstanding dari Bank Muamalat, karena tahun lalu kita dapat Rp20miliar, tahun ini Rp50miliar. Artinya kita itu sangat dipercaya oleh Bank Muamalat, kami diberikan lebih besar, padahal outstanding-nya masih ada,” jelasnya menegaskan.

Sementara itu Branch Manager Fatmawati Branch Bank Muamalat Eka Shanti Sistina, mengungkapkan kebahagiaannya bisa bekerja sama dengan HIK Cibitung.

“Kita tahu bahwa HIK Cibitung merupakan salah satu BPRS yang cukup besar. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut ke depannya dan memberikan manfaat bisnis untuk kedua belah pihak," pungkas Shanti. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo