Minggu, 24 Maret 2019
18 Rajab 1440 H
x
GoPay for Good ingin mempermudah donasi digital ke ratusan yayasan dan rumah ibadah supaya Indonesia lebih sejahtera secara merata. (foto/dok) romy. sharianews.com
Sejak April 2018 hingga Februari 2019, donasi digital GoPay telah membantu mengumpulkan Rp13 miliar dari sekitar 131.000 donatur.

Sharianews.com, Jakarta ~ Pembayaran digital GoPay berkolaborasi dengan Filantropi Indonesia untuk mengembangkan inovasi donasi dan filantropi digital. Kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif terbaru GoPay yaitu GoPay for Good.

"Inisiatif GoPay for Good bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi, supaya bersama-sama, Indonesia bisa lebih sejahtera secara merata," ujar Aldi Haryopratomo, CEO GoPay di CGV Pasific Place Jakarta, Rabu (18/2).

Program ini, lebih lanjut dikatakan Aldi, dapat memudahkan pengguna GoPay berdonasi ke ratusan organisasi dan rumah ibadah.

"Hanya cukup dengan scan kode QR atau memilih GoPay sebagai metode pembayaran saja, kok," sambungnya.

Di tempat yang sama, Erna Witoelar, selaku Co-Chair Badan Pengarah Filantropi Indonesia pun menyambut baik kolaborasi antara GoPay dan Filantropi Indonesia ini.

Kolaborasi ini diharapkan bisa mengakselerasi transformasi perkembangan filantropi di Indonesia dari konvensional ke digital.

Pemanfaatan pembayaran digital ini bisa meningkatkan efektivitas dan jangkauan kegiatan filantropi, khususnya penggalangan donasi publik. Organisasi filantropi atau yayasan sosial dan masyarakat yang menjadi donaturnya akan dimudahkan dalam penggalangan dan pembayaran donasi.

Erna yakin, pemanfaatan pembayaran digital ini akan meningkatkan jumlah donasi.

“Potensi donasi kita cukup besar dan nilainya mencapai Rp200 triliun, tapi yang terkumpul secara terorganisir baru sekitar Rp6 triliun per tahun,” katanya

Dalam program GoPay for Good ini, GoPay berperan sebagai medium transaksi di mana uang yang didonasikan oleh pengguna akan masuk ke rekening masing-masing organisasi yang dituju.

Saat ini, GoPay for Good telah bekerja sama dengan 182 yayasan, rumah ibadah di Indonesia, Baznas, dan KitaBisa.

Langkah awal program ini dimulai sejak GoPay bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam menghadirkan inovasi sedekah digital menjelang Bulan Suci Ramadhan tahun 2018.

Dilanjutkan kemudian dengan Baznas dan kitabisa dot com dalam pengumpulan dana untuk korban bencana gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Palu-Donggala, serta tsunami di Banten dan Lampung.

Sejak April 2018 hingga Februari 2019, donasi digital GoPay telah membantu mengumpulkan Rp13 miliar dari sekitar 131.000 donatur.

Dengan capaian ini, Aldi berharap GoPay dapat membantu organisasi di Indonesia agar bisa menjangkau lebih banyak donatur dengan pengelolaan lebih mudah.

“Kini, dengan program GoPay for Good, kami berharap dapat membantu memfasilitasi organisasi, yayasan, perhimpunan, rumah ibadah hingga komunitas dalam mengumpulkan lebih banyak donasi secara lebih transparan. Kedepannya, kami ingin agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari teknologi donasi digital ini,” tutup Aldi. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo