Selasa, 7 Juli 2020
17 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / HasanahKu, Aplikasi Uang Elektronik Syariah Pertama
BNI Syariah mempunyai aplikasi uang elektronik syariah pertama di Indonesia yaitu HasanahKu. Sebagai produk unggulan, HasanahKu menjadi salah satu flagship positioning BNI Syariah dalam digitalisasi dan payment system dengan beberapa fitur transaksi.

Sharianews.com, Jakarta - BNI Syariah mempunyai aplikasi uang elektronik syariah pertama di Indonesia yaitu HasanahKu. Sebagai produk unggulan, HasanahKu menjadi salah satu flagship positioning BNI Syariah dalam digitalisasi dan payment system dengan beberapa fitur transaksi.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengatakan fitur-fitur itu diantaranya untuk pembelian token dan pembayaran tagihan listrik; top up pulsa; pembayaran tagihan telepon, TV berlangganan serta iuran BPJS. Top up saldo HasanahKu dapat dengan mudah dilakukan melalui berbagai pilihan channel seperti ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking.

Uang elektronik HasanahKu dipasarkan sebagai value added product pada area atau segmen yang menjadi kekuatan BNI Syariah yaitu ekosistem halal, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lembaga zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf).

“Sehingga terbentuk kemitraan strategis menggunakan skema business to business (B2B) dengan ekosistem merchant dan community base yang salah satunya diwujudkan melalui kolaborasi dengan perusahaan rintisan (start up) berbasis teknologi serta perusahaan teknologi finansial (fintech),” jelasnya menegaskan, Kamis (28/5).

Untuk kenyamanan nasabah bertransaksi saat pandemi Covid-19, BNI Syariah juga menghimbau segenap nasabah menggunakan layanan E-Banking (BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking).

Untuk antisipasi kondisi usaha nasabah, BNI Syariah memberikan keringanan (restrukturisasi) berupa penundaan pembayaran kepada nasabah yang terdampak Covid-19. Bentuk keringanan restrukturisasi yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha nasabah. Restrukturisasi ini diharapkan dapat membantu memudahkan nasabah dalam hal pembayaran kewajibannya.

Untuk meringankan beban masyarakat, BNI Syariah telah melakukan beberapa kontribusi selama pandemi Covid-19 diantaranya adalah Layanan Kesehatan Cegah Virus Corona Sejak Dini, Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas Umum, Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, Pemberian santunan kepada Pensiunan BNI Syariah; Program Tetanggaku Hasanahku, Penggalangan dana melalui platform Wakaf Hasanah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, Inisiasi penggalangan dana bekerja sama dengan Cinta Quran Foundation. Selain itu BNI Syariah juga menggalang donasi melalui BNI iB Hasanah Card bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap.

Rep. Aldiansyah Nurrahman