Minggu, 27 September 2020
10 Ṣafar 1442 H
Home / Haji umrah / Hubungi Raja Salman, Jokowi Apresiasi Penyelenggaraan Haji
Foto dok. Instagram/Jokowi
Apresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang diadakan secara terbatas dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat

Sharianews.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghubungi Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud lewat sambungan telepon. Kepada Raja Salman, ia menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya ibadah haji.

Jokowi menguhubungi Raja Salman pada 31 Juli 2020. Secara khusus, ia menyampaikan selamat Iduladha 1441 H kepada Raja Salman dan untuk seluruh rakyat Arab Saudi. Ia menyampaikan rasa syukur bahwa Raja Salman telah pulih dari sakit.

“Semoga Baginda Raja senantiasa diberkahi kesehatan. Pada kesempatan itu, saya juga menyampaikan apresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang diadakan secara terbatas dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat,” tutur Jokowi, dalam akun media sosialnya, Minggu (2/8).

Pada kesempatan itu juga, Jokowi mengajak Raja Salman untuk terus meningkatkan hubungan baik antara kedua negara.

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali mengungkapkan hingga Sabtu (1/8), ada sebanyak 16 Warga Negara Indonesia (WNI) Ekspatriat di Arab Saudi yang terdaftar sebagai jemaah haji.

Mereka adalah Muhammad Wahyu, Endan Suwandana, Ahmad Sujai, Huda Faristiya, 'Abdul Muhaemin, Siri Marosi, Muhammad Toifurrahman, Ata Farida, Eni Wahyuni, Irma Tazkiya, M Zulkarnain, Ali Muhsin Kemal, Akram Hadrami, Agus Sugiarto, Titin Agustin, dan Juwaeriyah Awaludin. Mereka di Saudi tinggal dan bekerja di sejumlah kota, antara lain: Riyadh, Madinah, Yanbu', Makkah, Jeddah, dan Al Khobar.

"Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat. Kita ikut memantaunya melalui komunikasi via Whatsapp group dengan para jemaah WNI ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi," pungkas Endang.

Rep. Aldiansyah Nurrahman