Minggu, 24 Maret 2019
18 Rajab 1440 H
x
Kepala BPJPH. Sukoso| Dok. Kemenag
“Kalau ada LPH sudah lima kali (mengeluarkan sertifikasi, maka saya bilang LPH-mu tolong berhenti dulu. Silahkan yang lain".

Sharianews.com, Jakarta ~Pemerintah akan melakukan akreditasi secara berkelanjutan untuk mengetahui kinerja Lembaga Penjamin Halal (LPH) yang ditetapkan oleh Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Kepala BPJPH Sukoso mengatakan salah satu kondisi yang akan diterapkan adalah tidak ada persaingan antara LPH.

“Tidak boleh ada persaingan. Kalau ada persaingan, kita langsung copot saja, tidak boleh register," ujar Sukoso ketika ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Menurut Sukoso, tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan dan keadilan pada semua LPH.

Namun, jika ada ternyata ada persaingan tidak sehat antara LPH, maka akan dilakukan evaluasi pada aturan yang mendasari operasi LPH.

Selain itu, saat berlaku kewajiban sertifikasi, juga tidak boleh ada dominasi salah satu LPH.

Jika ada LPH yang sudah terlalu sering memberikan sertifikat, maka BPJPH akan memintanya berhenti beberapa saat. Setelah itu, LPH yang belum pernah mengeluarkan sertifikasi halal akan diminta menggarapnya.

“Kalau ada LPH sudah lima kali (mengeluarkan sertifikasi, maka saya bilang LPH-mu tolong berhenti dulu. Silahkan yang lain," ujar Sukoso.

"Kalau merasa itu tidak adil, tidak tepat, boleh mengajukan keberatan. Lewat jalur yang benar bukan menyuarakan lewat media sosial ," tuturnya.

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo
#halal #LPH