Selasa, 7 Juli 2020
17 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Indonesia Bisa Adopsi Malaysia dan Arab Saudi Terkait Islamic Investment Bank
Foto dok. Albawaba
Rencana pembentukan bank khusus investasi syariah atau Islamic Investment Bank (IIB) masih bergulir. Bank tersebut diharapkan dapat mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sharianews.com, Jakarta - Rencana pembentukan bank khusus investasi syariah atau Islamic Investment Bank (IIB) masih bergulir. Bank tersebut diharapkan dapat mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sejumlah negara telah menerapkan IIB, seperti Malaysia dengan Malaysia International Islamic Financial Centre (MIFC). Portfolio Manager, Public-Private Partnership Islamic Development Bank (IDB) Muhammad Imaduddin mengatakan MIFC merupakan inisiatif dari regulator dan pemerintah Malaysia untuk mengembangkan pasar keuangan syariah dengan mengikutsertakan peran industri keuangan syariah dan pemerintah.

“Inisitiatif ini dibuat sejak tahun 2006. MIFC menjadi pusat pasar untuk mengembangkan pasar modal syariah, perbankan syariah, takaful, serta sumber daya manusia dan jasa professional. Salah satu yang bisa dikembangkan melalui platform MIFC adalah pengembangan IIB,” jelasnya kepada Sharianews.com.

Berdasarkan Global Finance, Best Islamic Investment Bank di 2019 adalah perusahaan perbankan muti nasional Arab Saudi yakni Samba Financial Group, terutama melalui Samba Capital & Investment Management Company.

“Samba mampu memberikan produk bank investasi yang beragam kepada para investor seperti asset management, fiduciary dan advisory services. Investment funds yang dikelola direpresentasikan pada pasar uang, sekuritas, dan real estate funds,” tambah dia.

Kesuksesan di negara lain dapat diadopsi dan dikembangkan terutama untuk mengembangkan IIB yang berfokus pada security custodies, financial advisory untuk penawaran umum perdana, private offering maupun sukuk serta beberapa aksi korporasi seperti penggabungan, akuisisi, restrukturisasi perusahaan, transformasi bisnis, struktur modal, dan ekspansi bisnis.

Rep. Aldiansyah Nurrahman