Jumat, 5 Juni 2020
14 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Industri Perbankan belum Terdampak Larangan Umrah
Bank bisa sama terdampak kalau memiliki afiliasi dengan bisnis perjalanan umrah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa bagi jemaah umrah, termasuk Indonesia. Kebijakan tersebut diambil berdasarkan rekomendasi dari otoritas kesehatan Arab Saudi untuk menerapkan standar kehati-hatian dan mencegah penularan wabah corona.

Meski demikian, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Panji P. Djajanegara, mengatakan industri perbankan belum terkendala dampak dari kebijakan Arab Saudi yang melarang jemaah umrah dari 22 negara datang.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, bank bisa sama terdampak kalau memiliki afiliasi dengan bisnis perjalanan umrah.

“Terimbas dari Larangan umrah adalah travel.Belum terpengaruh kepada perbankan,” jelas Panji, dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah di Graha CIMB Niaga, Jakarta , Jumat (28/2).

Namun biasanya bank lebih banyak berhubungan dengan pembiayaan untuk ibadah haji. Saat ini juga sudah ada 25 bank yang tergabung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Sementara hal yang sama juga baru mulai diterapkan di bisnis perjalanan umrah. Itu pun baru dua atau tiga bank yang melakukan hal yang sama, CIMB Niaga Syariah belum masuk di dalamnya. 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo