Rabu, 5 Agustus 2020
16 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Keuangan / Investasi Keuangan Syariah Kurang Perhatikan Sisi Permintaan
Foto dok. Pexels
Dalam upaya untuk mengembangkan ekosistem keuangan syariah, termasuk dari sisi potensi investasi keuangan syariah, selama ini selalu dilihat dari sisi penawaran atau supply, tapi dari sisi permintaan atau demand kurang diperhatikan.

Sharianews.com, Jakarta - Dalam upaya untuk mengembangkan ekosistem keuangan syariah, termasuk dari sisi potensi investasi keuangan syariah, selama ini selalu dilihat dari sisi penawaran atau supply, tapi dari sisi permintaan atau demand kurang diperhatikan.

Demikian disampaikan Direktur Bidang Hukum, Promosi, dan Hubungan Eksternal KNEKS Taufik Hidayat. Padahal, menurut Taufik, seharusnya secara paralel keduanya perlu dipersiapkan. Oleh karena itu, dari sisi penawaran di sekor keuangan, baik pasar modal atau perbankan, perlu memperhatikan beberapa hal.

Diantaranya harus banyak inovasi produk dan sekaligus melakukan pendalaman pasar di bidang keuangan. Serta, perlu melakukan efisiensi, karena hal itu berkaitan dengan biaya yang harus ditanggung oleh calon investor.

“Kemudian adalah prihal performa. Saham, reksa dana, dan obligasi mesti menjadi fokus untuk ditingkatkan literasinya di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” jelasnya, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, dari sisi permintaan. Faktor yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni siapa yang akan membeli instrumen-instrumen yang akan dikembangkan industri keuangan syariah.

Taufik menyampaikan, selama ini investor institusi menjadi tulang punggung dari pengembangan keuangan syariah. Artinya, bila ada partisispasi yang lebih intens dari investor institusi, maka pengembagan dan intervensi ke pengembangan keuangan syariah itu menjadi sangat signifikan.

Lebih lanjut, Taufik mengungkapkan, dalam perkembangannya, ada bebapa institusi yang sedang mengarah ke skema syariah. Diantaranya institusi yang bergerak dalam jaminan sosial, saat ini sedang mengembangkan layanan syariah. Dengan itu, nantinya akan berdampak kepada pengembangan pasar modal syariah.

Kemudian, institusi dana pensiun juga sedang mengembangkan skema syariah. Hal ini juta turut berpengaruh bagi pasar modal syariah.

“Ada juga investor di sisi besar yang sudah menyiapkan unit investasi, PT Taspen. Itu menjadi harapan bagi pengembangan keuangan dan pasar modal syariah, supaya transaksinya dan nilai kapitalisasinya lebih besar lagi,” ujar Taufik

Berikutnya, masih berkaitan dengan permintaan, yakni individu. Masyarakat golongan usia milenial memiliki potensi yang besar. Sosialisai perlu ditingkatkan kepada milenial terkait pasar modal syariah.

Rep. Aldiansyah Nurrahman