Minggu, 27 September 2020
10 Ṣafar 1442 H
Home / Keuangan / ISEF ke-7 Resmi Dibuka, Wapres: Ini Bukti Nyata
ISEF di buka hari ini dan berlangsung hingga Oktober 2020

Sharianews.com, Jakarta - Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-7 resmi dibuka, Jumat (7/8). Pembukaan dilakukan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Ma’ruf mengatakan penyelanggaran acara ini ditujukan untuk mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

“ISEF di buka hari ini dan berlangsung hingga Oktober 2020. Acara ini merupakan bentuk nyata mendorong perekonomian dan keuangan syariah,” jelasnya menegaskan, dalam acara yang diselenggarakan Bank Indonesia dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang bertemakan "Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Global Prosperity".

Ia mengungkapkan mendukung penyelenggaraan ISEF sebagai upaya mendorong ekonomi dan keuangan syariah agar menjadi arus utama kebijakan nasional dan internasional, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai referensi dunia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Menurutnya, dengan ISEF ini dapat mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang selaras dengan prinsip syariah dan nilai- nilai lokal Indonesia.

Harapannya penyelenggaraan ISEF 2020 dapat menjadi momentum akselerasi semua pihak untuk memperluas kerja sama internasional. Ini termasuk dapat menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dan value chain (nilai rantai) dunia melalui penguatan outlet pasar global, terutama untuk produk-produk halal dunia.

Ma’ruf mengungkapkan ISEF merupakan salah satu upaya mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Pada pagelaran ISEF sebelumnya, ia menyampaikan upaya lainnya yaitu dengan pengutan kelembagaan.

Penguatan kelembagaan itu terlihat dari penguatan lembaga KNEKS. Sebelumnya KNEKS, bernama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Dengan nama baru itu, tugas KNEKS pun semakin meluas untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

Rep. Aldiansyah Nurrahman