Rabu, 3 Juni 2020
12 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / JK: Perbankan Syariah Berkembang dengan Baik
Bank- bank syaraiah kini ada di mana- mana, tak terkecuali di negara-negara non-muslim. Hal ini menandakan bahwa ekonomi dan keuangan Islam mengalami kemajuan.

Sharianews.com, Jakarta.Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan di dunia saat ini banyak terjadi kemajuan, tak terkecuali dari sisi ekonomi Islam, contohnya bank syariah yang saat ini sudah ada di mana-mana.

“Bank-bank yang berdasarkan syariah Islam ada di mana-mana. Malah, juga ada di negara non-Islam, itu artinya bank syariah bisa mencapai suatu kemajuan,” jelas JK, di Jakarta, Selasa (23/10/2018)

Begitu pun di Indonesia, menurut JK, perbankan syariah berkembang dengan sangat baik. Meski begitu menurutnya, pemerintah perlu tetap membina bank-bank syariah tersebut agar berjalan sesuai dengan arah yang benar. Sebab hal ini juga sudah dilakukan oleh negara-negara Islam, yang juga memandang pentingnya kerja sama memajukan bank-bank syariah yang ada di dunia.

Selain itu, JK juga mengingatkan bahwa ke depannya dunia sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi serta oleh kelompok-kelompok yang mempunyai inovasi besar. Jika sebuah bangsa memiliki atribut tersebut, maka hal tersebut sangat berguna untuk memajukan perdagangan.

Sayangnya lanjut JK, tidak semua negara muslim memiliki tingkat kemajuan yang sama. Negara-negara Islam saat ini, memiliki tingkat kemajuan yang berbeda-beda. “Ada negara yang memiliki resources yang baik,  mempunyai kekayaan yang banyak, lalu ada yang mempunyai kemampuan industri.  Tetapi ada juga yang kurang mempunyai teknologi, sumber daya alam, dan lainnya,” tuturnya

Karena itu, menurut JK setiap negara agar tidak tertinggal pastilah perlu menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara Islam. "Hal-hal inilah yang patut dibahas. Bagaimana kerja sama itu dapat membantu kemajuan dari pada negara-negara bersama dan bagaimana kita menjalankan prinsip keagamaan yang baik,” pungkas JK.

JK juga percaya bahwa kerja sama-kerja sama dalam bidang tersebut, dapat menghasilakn sesuatu yang positif, dapat diimplementisan.Tidak mudah mengimplementasikannya, tetapi perlu untuk terus dicoba.

Tapi ia percaya, lewat pertemuan ke-60 Islamic Chamber of Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA), organisasi kamar dagang yang berafiliasi dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang diadakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, negara-negara Islam dapat bekerja sama dengan baik.(*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil