Sabtu, 6 Juni 2020
15 Shawwal 1441 H
Home / Lifestyle / Jokowi Wajibkan Masyarakat Kenakan Masker di Luar Rumah
Foto dok. Setneg
Semula WHO menyampaikan bahwa yang memaakai masker hanya bagi mereka yang sakit. Namun, sekarang ini semua yang keluar rumah harus menggunakan masker.

Sharianews.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Ia menjelaskan, semula WHO menyampaikan bahwa yang memaakai masker hanya bagi mereka yang sakit. Namun, sekarang ini semua yang keluar rumah harus menggunakan masker. Hal itu dilakukan demi membendung penyebaran virus corona (Covid-19).

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat mematuhi imbauan tersebut. Maka itu, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker yang dapat digunakan oleh masyarakat.

"Saya meminta agar penyiapan masker sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker," jelas Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/4).

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto juga telah menyatakan bahwa kebijakan tersebut mengikuti rekomendasi dari WHO.

Yurianto menyampaikan bahwa masyarakat disarankan untuk mengenakan masker kain yang dapat dicuci dan dikenakan berkali-kali. Untuk saat ini, masker medis seperti masker bedah dan N-95 diprioritaskan bagi dokter dan paramedis.

Sebagai informasi, jumlah pasien yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia per 6 April 2020 sebanyak 2.491 orang. Dari jumlah itu, 209 orang di antaranya meninggal dunia dan 192 pasien dinyatakan sembuh.

Red. Aldiansyah Nurrahman