Senin, 6 April 2020
13 Sha‘ban 1441 H
Home / Haji umrah / Kemenag Buka Rekrutmen Petugas Haji 2020 Tingkat Daerah
Proses rekrutmen ini dilakukan secara berjenjang dan transparan, guna mendapatkan petugas yang memiliki kompetensi.

Sharianews.com, Jakarta ~ Kementerian Agama (Kemenag) kembali mulai membuka rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2020 tingkat daerah.

Kasubdit Bina Petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Ahmad Jauhari mengatakan, proses rekrutmen ini dilakukan secara berjenjang dan transparan, guna mendapatkan petugas yang memiliki kompetensi sekaligus komitmen dalam penyelenggaraan ibadah haji.

“Rekrutmen petugas haji kita lakukan secara berjenjang. Untuk tingkat kabupaten/kota, pendaftaran mulai dibuka sejak 20 hingga 29 Januari 2020,” jelas Jauhari, di Jakarta, Senin (20/01).

Selanjutnya, menurut Jauhari peserta yang lulus seleksi administrasi di Tingkat Kabupaten/Kota akan diumumkan pada 31 Januari 2020. Kemudian para peserta akan mengikuti tes kompetensi tingkat pertama di Kabupaten/Kota pada 4 Februari 2020.

"Peserta yang lolos seleksi di kabupaten/kota, berhak mengikuti seleksi di tingkat Kanwil (Kantor Wilayah) yang akan dilakukan pada 13 Februari 2020,” imbuhnya

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis  menyampaikan (8/1), inovasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada jemaah haji Indonesia.

Sebagai informasi, sebagai upaya peningkatan kualitas haji, Kementerian Agama (Kemenag) mencanangkan sedikitnya 10 inovasi dalam penyelenggaraan haji tahun 2020.

Kesepuluh inovasi tersebut antar lain terkait kloter berbasis wilayah, respon darurat di Armuzna, pelayanan Terpadu dan Sistem Pelaporan, layanan konsumsi selama di Makkah, manasik sepanjang tahun, penyederhanaan proses visa, penomoran maktab, penyusunan regulasi, pembayaran non-teller dan non-tunai, serta perbaikan proses badal haji dan safari wukuf. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo