Sabtu, 27 Februari 2021
16 Rajab 1442 H
Home / Ziswaf / Mandiri Syariah-Mandiri Manajemen Investasi Ditunjuk Sebagai Penerima dan Pengelola Dana Wakaf
Foto dok. Setneg
Penunjukan ini menandai transformasi pelaksanaan wakaf uang modern

Sharianews.com, Jakarta - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) ditunjuk pemerintah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) dan Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola dana wakaf.

Penunjukan ini menandai transformasi pelaksanaan wakaf uang modern yang dilakukan dengan menawarkan produk keuangan syariah yaitu Wakaf Uang Berkah Umat.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan wakaf uang sebagai salah satu bentuk wakaf produktif. Wakaf uang tidak hanya memiliki fleksibilitas dalam pengembangan investasinya, tapi juga fleksibilitas dalam bentuk penyaluran manfaatnya.

“Dimana pokok wakafnya bsia dijaga agar tidak berkurang atau hilang. Di sini lah kita pentingnya mengelola wakaf uang dengan lebih profesional dan modern,” terangnya, saat peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang, Senin (25/01).

Pembenahan pengelolaan wakaf uang yang lebih profesional dan modern diharapkan akan mendorong pengerahan secara serentak sumber daya ekonomi yang dapat digunakan mendorong investasi dan kegiatan ekonomi di masyarakat.

“Mengingat wakaf biasanya dilakukan oleh mereka yang mapan secara sosisal dan ekonomi, maka pengelolaan wakaf yang profesional diharapkan akan menarik minat pewakif kelas menegah atas, dan sepeti korporasi, individu pemiliki aset besar, sosialita dan tidak ketinggalan para milenial,” tutur Wapres.

Dengan semakin banyaknya masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan wakaf, diharapkan dapat mengembangkan berbagai program dan kegiatan untuk memberdayakan masyarakat termasuk umat dengan demikian dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sehingga berdampak pada menurunya kemiskinan dan ketimpangan.

Rep. Aldiansyah Nurrahman