Rabu, 5 Agustus 2020
16 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Keuangan / Menteri BUMN Ingin Merger Bank Syariah BUMN Tahun Depan
Foto dok. Kementerian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana menyatukan bank syariah yang dimiliki BUMN, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, BTN Syariah, dan Mandiri Syariah pada Februari 2021.

Sharianews.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana menyatukan bank syariah yang dimiliki BUMN, yakni BRI Syariah, BNI Syariah, BTN Syariah, dan Mandiri Syariah pada Februari 2021.

Saat ini, Erick sedang mengkaji penyatuan bank syariah tersebut. “Ini (bank-bank syariah) jadi satu semua, kita coba merger (lebur), insyaallah Februari tahun depan jadi satu bank syariah," terangnya dalam acara Kingdom Business Community secara virtual, Kamis (2/6) malam.

Matoritas penduduka Indonesia adalah muslim, hal itu menurut Erick merupakan potensi yang sanagt besar bagi bagi bank syariah.

Selain itu, Erick mengatakan keberadaan bank syariah memberikan opsi bagi masyarakat atau dunia usaha yang lebih nyaman menggunakan sistem syariah. "Kenapa saya menginginkan peleburan (bank) syariah? Supaya ada alternatif, supaya jangan sampai Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu," tambahnya.

Diharapkan dengan rencanan peleburan ini, membuat Indonesia memiliki satu bank syariah yang unggul dan menjadi pilihan dalam hal pendanaan. Kemudian, bisa membuat segmentasi dan membuat pasar jadi lebih sehat.

"Kita mesti buka itu karena pendanaan macam-macam, ada yang mahal, ada yang murah, ada yang syariah, kita mesti welcome semuanya," pungkas Erick.

Rep. Aldiansyah Nurrahman