Jumat, 25 Juni 2021
16 Thu al-Qa‘dah 1442 H
Home / Ekbis / OJK Genjot Digitalisasi Bank Wakaf Mikro
Mendorong Bank Wakaf Mikro untuk mengadopsi teknologi digital

Sharianews.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki komitmen besar dalam meningkatkan keuangan syariah di Indonesia.

Salah satu caranya dengan mendorong Bank Wakaf Mikro (BWM) untuk mengadopsi teknologi digital dalam produk dan layanan keuangannya. Hal tersebut harus segera diterapkan guna meningkatkan ekonomi dan keuangan di Indonesia.

"Upaya yang telah berjalan dan terus dikembangkan adalah membangun ekosistem keuangan syariah antara lain melalui inisiatif digitalisasi BWM yang memiliki core principle pemberdayaan umat dan mampu memperluas akses pembiayaan dalam suatu ekosistem dari hulu sampai hilir dengan pemanfaatan teknologi," ujar Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot, mengutip Instagram OJK, Jumat (30/04).

Dalam mendorong pembangunan ekosistem digitalisasi sektor jasa keuangan syariah yang terintegrasi dengan sektor riil, OJK mengeluarkan sejumlah aksi nyata.

Pertama, kemudahan akses fasilitasi pembiayaan melalui digitalisasi BWM (aspek pembiayaan melalui aplikasi BWM Mobile). Kedua, kemudahan operasional dalam menjalankan pertemuan mingguan atau HALMI (aspek operasional melalui aplikasi berbasis web BWM Halaqoh).

Ketiga, menyediakan wadah pemasaran penjualan produk UMKM maupun usaha mikro (aspek pengembangan usaha nasabah).

OJK menekankan bahwa dukungan digitalisasi UMKM ini juga mendorong kolaborasi dengan marketplace lain, jasa logistik, ataupun dengan beberapa pelaku jasa keuangan lainnya yang bergerak di lalu lintas sistem pembayaran ataupun penyediaan akses keuangan.

 

Rep. Aldiansyah Nurrahman