Selasa, 11 Agustus 2020
22 Thu al-Hijjah 1441 H
Home / Keuangan / OJK Restui Al Falah Jadi Investor Bank Muamalat
FOTO I Dok. industry.co.id
Saat ini, OJK sedang menyelesaikan kelengkapan informasi dan dokumentasi. Secepatnya proses tersebut akan diselesaikan.

Sharianews.com, Jakarta ~ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah merestui konsorsium Al Falah Investments Pte. Ltd. menjadi investor PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, saat ini, prosesnya hanya tinggal tahap eksekusi. “Eksekusi itu proses-proses administrasi. (Calon investor) sudah ada. Konsorsium Al Falah," jelasnya, setelah melakukan Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Selasa (4/2).

OJK sudah memberikan persetujuan kepada konsorsium tersebut untuk menjadi investor Bank Muamalat. Saat ini, OJK sedang menyelesaikan kelengkapan informasi dan dokumentasi. Secepatnya proses tersebut akan diselesaikan.

Sebagaimana diketahui, Bank Muamalat sedang menjalankan proses penguatan permodalan yang saat ini telah berada di tahap akhir. Konsorsium Al Falah Investments Pte. Limited yang dipimpin oleh Ilham Habibie berencana mengakuisisi mayoritas saham Bank Muamalat sebesar 50,3 persen.

“Kami optimistis dengan masuknya modal maka Bank Muamalat akan berada dalam posisi yang lebih baik dan lebih leluasa untuk melakukan ekspansi bisnis ke depannya,” imbuh Permana (17/5).

Dana suntikan modal sebesar Rp1,7 triliun dari konsorsium telah disetor dalam escrow account pada 30 April 2019. Selain itu, Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin) dan Lynx Asia juga telah menempatkan dana sebesar Rp 300 miliar pada escrow account masing-masing sebanyak Rp250 miliar dan Rp50 miliar.

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo