Senin, 21 September 2020
04 Ṣafar 1442 H
Home / Ekbis / Pandemi Covid-19, Penurunan Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Turun
Foto dok. Freepik
Berdasarakan survei yang dilakukan kepada para rumah sakit anggota MUKISI, didapati bahwa secara umum rumah sakit mengalami penurunan pasien, dari segi rawat jalan maupun rawat inap.

Sharianews.com, Jakarta - Pandemi virus corona (Covid-19) turut menyerang sektor kesehatan. Rumah sakit, baik syariah maupun rumah sakit konvensional atau umum turut terkena dampak wabah ini

Sekretaris Jenderal Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) Burhanuddin Hamid mengatakan secara umum kondisi rumah sakit anggota MUKISI pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang lain.

Berdasarakan survei yang dilakukan kepada para rumah sakit anggota MUKISI, didapati bahwa secara umum rumah sakit mengalami penurunan pasien, dari segi rawat jalan maupun rawat inap.

Rawat jalan turun kisaran 30-80 persen atau rata-ratanya sekitar 50 persen mengalami penurunan. “Penurunan disebabkan lantaran masyarakat takut datang ke rumah sakit, khawatir tertular penyakit. Rawat jalan ini termasuk di dalamnya adalah poliklinik dan pelayanan kedaruratan,” jelas Burhanuddin, dalam acara Islamic Economy E-Talkshow, Senin (18/5).

Kemudian bila rawat jalan menurun, secara otomatis rawat inap pun ikut menurun. Tercatat penurunannya mencapai sekitar 25-70 persen atau rata-rata sekitar 40 persen.

Sementara itu, Ketua Umum MUKISI Masyhudi mengatakan acara bertemakan Ketahanan Industri Kesehatan Syariah di Tengah Pandemi Covid-19 dan Era New Normal ini sangatlah penting.

“Terutama berkaitan dengan industri rumah sakit syariah di era pandemi, di era new normal. Tidak kalah penting acara ini juga dilaksanakan atas kolaborasi lembaga yang alhamdulillah  bergerak di bidang syariah,” ucap Masyhudi, dalam acara yang diselenggarakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), MUKISI, dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)

MUKISI saat ini beranggotakan 500 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini MUKISI mempunyai isu sentral terkait sertifikasi rumah sakit syariah di Indonesia.

Rep. Aldiansyah Nurrahman