Minggu, 29 Maret 2020
05 Sha‘ban 1441 H
Home / Lifestyle / Selain Sup Kelelawar, Banyak Kuliner Halal di Tiongkok
FOTO I Dok. pexels.com
Merebaknya wabah virus corona yang berasal dari kuliner ekstrem di Tiongkok, menjadi momok bagi traveler Muslim yang sedang berwisata ke sana.

Sharianews.com, Tiongkok memang selalu menarik bagi banyak traveler karena pesona alamnya yang indah dan banyak tempak yang ikonik yang popularitasnya sangat mendunia. Banyak kuliner Tiongkok yang jadi favorit di berbagai negara. Hal ini disebabkan banyaknya etnis Tionghoa tersebar banyak di berbagai negara sehingga kulinernya juga ikut menjamur. Merebaknya wabah virus corona yang berasal dari kuliner ekstrem di Tiongkok, menjadi momok bagi traveler Muslim yang sedang berwisata ke sana.

Baca juga: Tujuh Pilihan Kuliner Halal saat Traveling ke Jepang

Banyak traveler yang mengira bahwa mencari makanan halal di Tiongkok sangat sulit. Bagi traveler yang ragu mengonsumsi makanan yang tidak terjamin kehalalannya saat berwisata ke Tiongkok, kini tidak perlu takut. Ternyata, banyak tempat di Tiongkok yang menyediakan makanan halal. Berikut ini Sharianews telah merangkum enam kuliner halal yang paling dicari oleh umat Muslim di Tiongkok.

Baca juga: Selain Sup Kelelawar Wuhan, Kuliner Ektsrem Kodok juga Diragukan Kehalalannya

Sup Hulatang

Sup ini berasal dari Provinsi Henan. Namun, kuliner ini telah tersebar di seluruh Tiongkok. Umumnya disantap untuk sarapan pagi. Sup ini bisa disantap dengan berbagai jenis roti goreng, roti canai maupun martabak. Makanan halal ini biasanya dibagikan untuk jemaah di masjid-masjid usai salat Jumat. Sup hulatang menjadi salah satu kuliner halal favorit bagi orang-orang China.

Niurou Paomo

Niurou Paomo merupakan salah satu menu wajib yang hampir ada di seluruh restoran halal (Lanco Lamian) di Cina. Makanan ini berupa roti kering yang dicelupkan ke dalam kuah daging beserta sayur-sayuran mulai dari kentang, sayur pokcoy dan rasanya agak sedikit keasam-asaman. Niurou Paomo ini cocok disantap pada musim dingin. Kalau masih panas makanan ini kurang cocok.

Mie Goreng Halal

Mie goreng halal China tidak perlu diragukan lagi. Mie ini menggunakan bahan dasar mie tarik yang fresh. Hampir semuanya restoran halal di Tiongkok menggunakan mie tarik yang digoreng dengan gaya khas Chinese tetapi agak sedikit basah. Mie ini bisa menggunakan telur tetapi ada juga yang menggunakan daging sapi. Mie goeng halal ini dijamin maknyus dan wajib coba saat traveling ke Tiongkok.

Liang Mian (Mie Dingin)

Mie ini merupakan kuliner favorit saat musim panas di Tiongkok. Hampir semua restoran halal di Tiongkok menyajikan Liang Mian saat musim panas untuk pengunjungnya. Mie ini disajikan dingin dengan topping segar dari mentimun dan tomat. Rasa mie ini cukup pedas. Mie Liang Mian bisa disebut mie dingin pedas musim panas.

Bakso Malatang

Bakso Malatang ini punya tempat khusus tersendiri yang hanya menyediakan menu Malatang. Bakso ini punya beberapa pilihan rasa seperti bakso ayam, bakso daging, dan bakso ikan. Bakso ini dilengkapi dengan sayuran yang sangat banyak dan segar. Bakso Malatang menjadi daya tarik sendiri karena karena keunikannya. Pengunjung bisa memilih sendiri menu mentahnya, kemudian ditimbang baru dimasak. Harganya sesuai dengan berat bakso yang dipilih. Bakso Malatang ini tidak mengenal musim, baik musim panas, musim semi, musim gugur, maupun musim dingin.

Mie Kuah Lamian

Ini adalah kuliner favorit di restoran halal Muslim di mana saja. Mie kuah lamian berupa mie tarik yang disiram dengan kuah lamian. Menu ini cukup simpel dan bisa menjadi makanan pokok bagi siapa saja. Tidak berlebihan kalau kuliner ini disebut makanan yang paling legendaris di Tiongkok. Mie kuah lamian bisa menggunakan daging iris maupun telur mata sapi dan harganya tidak terlalu mahal.

Nah, dari enam kuliner favorit di atas, manakah yang paling cocok untuk Anda? Selamat mencicipi!

Achi Hartoyo