Minggu, 27 September 2020
10 Ṣafar 1442 H
Home / For Beginners / Tips Investasi Berdasarkan Usia
Foto dok. Sharianews
Kerap kali kebingungan menyelimuti para calon investor. Investasi mana yang tepat sesuai dengan usia dan profil risiko

Sharianews.com, Jakarta - Kerap kali kebingungan menyelimuti para calon investor. Investasi mana yang tepat sesuai dengan usia dan profil risiko.

Memang memilih investasi bukan perkara sepele. Salah-salah uang yang diinvestasikan hilang sia-sia.  Menentukan besaran atau penempatan investasi saham syariah, reksa dana syariah, atau sukuk pasti perlu pertibambangan. Jika tidak, bersiaplah dihantui kerugian.

Kunci dari investasi dilihat dari usia dan profil risiko adalah semakin muda usia seseorang, semakin leluasa dalam berinvestasi pada instrumen yang berisiko tinggi.

Hal ini karena saat masih muda, masih banyak cara dan waktu untuk menutupi kerugian di saat pasar turun.

Contohnya, seseorang mengalokasikan 10 juta untuk investasi saat berusia 30 tahun, dia bisa investasi di saham syariah sebesar Rp8 juta dan di reksa dana syariah pasar uang sebesar Rp 2 juta. Jangan lupa, wajib meninjau portofolio setiap  setahun sekali.

Bagi mereka yang sudah pensiun, disarankan tidak berinvestasi di instrumen berisiko tinggi, tapi cukup di deposito syariah, sukuk negara, dan reksa dana syariah pasar uang yang cukup liquid dan cenderung minim risiko.

Karena ketika pasar turun, mereka sudah tidak produktif. Jadim tidak bisa menutupi jika terjadi kerugian. Tapi, tetap mengacu pada profil risiko dan tujuan investasi.

Berikut ini tips investasi yang sesuai dengan usia dan profil risiko dari Pasar Modal Syariah, akun media sosial yang dibuat Otoritas Jasa Keuangan:

- Usia 30-90 tahun

Saham syariah 80 persen dan reksa dana syariah pasar uang 20 persen.

- Usia 40-49 tahun

Saham syariah 40 persen, reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap 60 persen.

- Usia 50-55 tahun

Saham syariah 20 persen, reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap 80 persen.

- Usia di atas 55 tahun

Sukuk negara, reksa dana syariah pasar uang, atau deposito syariah 100 persen

Rep. Aldiansyah Nurrahman