Sabtu, 6 Juni 2020
15 Shawwal 1441 H
Home / Lifestyle / Tips Solo Travelling Buat Para Muslimah
FOTO | Dok. JanganLupaBahagia.com
Rencanakan traveling dengan matang. Sangat penting untuk memastikan handphone kita selalu aktif, jika diperlukan bawalah powerbank, karena jika kita tersesat, kita hanya perlu menghidupkan maps.

Rencanakan traveling dengan matang. Sangat penting untuk memastikan handphone kita selalu aktif, jika diperlukan bawalah powerbank, karena jika kita tersesat, kita hanya perlu menghidupkan maps.

Sharianews.com, Jakarta . Travelling merupakan salah satu aktivitas yang menjadi idaman bagi setiap orang, dimana kita bisa menjauh sejenak dari rutinitas-rutinitas yang monotan. Dengan travelling pun jadinya kita punya waktu sendiri atau me time untuk memanjakan diri.

Namun sering Untuk wanita khususnya muslimah yang berhijab merasa khawatir untuk berpergian sendiri, tapi don’t worry, Rahma Sari, atau biasa dipanggil Rahma, ini akan membagikan beberapa tips untuk solo travelling bagai wanita berhijab.

Pecinta fotografi ini pun menjelaskan saat  kita ingin merencanakan pergi ke sebuah kota,  di mana pun kota yang akan kita tuju tersebut, kita harus memikirkan dengan matang.

“Jika ingin traveling dalam jangka waktu yang lama ke beberapa kota sekaligus misalnya, kita harus merencanakan dengan matang. Seperti mana saja objek wisata yang ingin kita kunjungi  di kota tujuan, dan berapa lama di sana,” ujar Rahma ketika ditemui (27/07).

Kita harus membuat planning kota mana yang ingin dituju. Jika kita ingin melakukan perjalanan dalam jangka waktu lama ke beberapa kota, maka rencanakan dengan matang. Ke mana tujuannya dan berapa lama di kota tersebut. 

“Setelah memutuskan kota yang akan dikunjungi, kita dapat memesan tiket. Usahakan memesan tiket sejah jauh hari, sehingga harganya lebih murah, terutama jika menggunakan tiket kereta api atau pesawat,” lanjutnya.

Minimalkan budget

Meminimalkan budget sangat penting, sebab Anda bisa menggunakannya untuk keperluan lain yang lebih penting. Estimasikan pengeluaran yang dibutuhkan dalam perjalanan. Biaya makan, penginapan, biaya perjalanan, dan jangan bawa uang tunai terlalu banyak, karena ATM mudah ditemukan. Lebih aman jika uang kita berada di ATM. 

“Untuk penginapannya pun, kita bisa memesan dari jauh hari tempat penginapan. Saat ini mudah sekali memesan hotel melalui smartphone, karena banyak aplikasi yang menyediakan. Namun jika kita berencana menginap di rumah saudara atau teman, jangan lupa hubungi teman. Selain dapat bersilaturahmi, menginap di rumah teman menjadi salah satu cara meminimalkan budget,” ungkap rahma.

Sangat penting untuk memastikan handphone kita selalu aktif, jika diperlukan bawalah powerbank, karena jika kita tersesat, kita hanya perlu menghidupkan maps.

“Jika suka mendokumentasikan momen, maka persiapkan kamera, gopro, handycamp, drone, dan perlengkapan lainnya. Pastikan baterai kamera penuh dan jangan lupa membawa charger dan memori card. Jika Anda mempunyai dua baterai dan dua memor icard, itu lebih baik,” lanjutnya

Dan terakhir yaitu izin dari orangtua harus sudah kita kantongi, beri tahu akan ke mana tujuan kita pergi dan berapa lama.

“Jangan buat orangtua khawatir dengan kepergian Anda.  Yakinkan mereka, kalau Anda telah mempersiapkan semua hal untuk pergi,” tutupnya. (*)

 

Reporter : Agustina Permatasari Editor :Ahmad Kholil