Rabu, 27 Januari 2021
14 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Ekbis / Wapres Minta MUI Munculkan Ide Besar Baru Seperti Ekonomi Syariah dan Sertifikasi Halal
Foto dok. MUI
MUI sudah harus merancang ide besar lain yang dituangkan dalam rekomendasi, tausiah, maupun program.

Sharianews.com, Jakarta - Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut ada dua ide besar MUI untuk menjaga umat yang kini sudah disahkan secara nasional. Dua ide besar ini adalah sertifikasi halal dan ekonomi syariah yang sudah menjadi sistem nasional.  

Hal itu, menurutnya, merupakan pencapaian yang besar, apalagi dengan status Indonesia yang sedari awal disepakati bukan negara agama. Itu menunjukkan ide besar MUI tersebut diterima, meski tidak semua, oleh banyak pihak.

Untuk itu, ia menginginkan, bagaimana ide-ide besar baru seperti itu bisa diterima dan menjadi tantangan MUI mendatang. MUI sudah harus merancang ide besar lain yang dituangkan dalam rekomendasi, tausiah, maupun program. Dia berharap pengurus yang akan datang bisa menjalankan ide-ide besar hasil keputusan bersama tersebut dan mengusahakan diterima banyak kalangan.

Kiat supaya ide besar itu bisa diterima bahkan sampai melembaga seperti sertifikasi halal maupun ekonomi syariah, perlu ada kesadaran untuk berkomunikasi yang baik dan strategis.

 “Mari kita membiasakan, bukan sebuah keinginan kita bicarakan sendiri lalu kita gaungkan sendiri, tapi kita diskusikan, wasyaawirhum fil amri, kalu sudah musyawarah menjadi suatu keputusan, faida azamta fatawakkal ‘ala Allah, kita terus perjuangkan bagaimana supaya kita berhasil,” paparnya, dalam Munas MUI 2020, Rabu (25/11).

Dalam konteks Indonesia, sistem yang berlaku adalah kesepakatan nasional. Dalam laman MUI dijelaskan, disebut Ketua Umum nonaktif ini, MUI harus berjalan di atas kesepakatan itu supaya ide-ide besarnya terlaksana.

“Maka saya sering mengatakan, kita Muslim Indonesia itu, kita Muslim kaaffah ma’al mitsaq. Kita Muslim yang kafah di ibadah, muamalah dan akhlak, itu namanya kafah. Namun kita ada kesepakatan nasional yang harus kita jalani. Di sinilah spesifikasi khususnya kehidupan kita umat Islam di Indonesia,” ungkapnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: